Silabus Bahasa Indonesia Kelas v semester genep

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : ……………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
5. Mende-ngarkan
Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan 5.1 Menang-gapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan Cerita
• peristiwa • Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
• Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru
• Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar • Mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
• Menjawab pertanyaan
• Menanggapi masalah yang terjadi disekitar Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Jawablah pertanyaan yang diajukan guru !
• Tanggapi-lah suatu masalah di sekitar! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Kumpulan Buku cerita Rakyat
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
5.2 Mengiden-tifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat) Cerita pendek • Siswa dapat mendengarkan pembaca cerita.
• Siswa dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang di dengar • Mendengarkan cerita pendek
• Bertanya-jawab tentang isi cerita
• Menyebutkan tokoh, sifat tokoh, latar, dan amanat
• Menceritakan kembali isi cerita
• Menanggapi isi cerita Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Jawablah tentang isi cerita yang di dengar! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Kumpulan Buku cerita Rakyat
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : ……………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama 6.1 Mengo-mentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan late dan santun berbahasa Persoalan faktual • Siswa dapat mencermati persoala atau masalah yang diajukan
• Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan • Memperagakan percakapan
• Menjawab pertanyaan
• Memberikan pendapat Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Buatlah komentar tentang persoalan faktual ! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Majalah
• Surat Kabar
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
6.2 Memeran-kan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat Drama
• Memeran-kan tokoh drama
• Mengung-kapkan pendapat tentang drama • Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas
• Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekpresi yang sesuai dengan karakter tokoh
• Siswa dapat mengungkapkan perasaan dan pikiran secara lisan Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Ungkap-kanlah pendapat tentang drama! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Kumpulan Buku cerita Rakyat
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

Mengetahui,
Kepala Sekolah ……………….

………………………………………..
NIP / NIK : ………………….., …………… 20…..
Guru Bahasa Indonesia

………………………………………..
NIP / NIK :

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : ……………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
7. Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak 7.1 Memban-dingkan isi dua teks yang dibacadengan membaca sekilas Dua bacaan • Membaca dua bacaan
• Mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua bacaan • Membaca dua teks yang bertema sama
• Menjelaskan garis besar isi teks
• Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Buatlah catatan persamaan dan perbedaan antara dua bacaan! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Kumpulan Buku cerita Rakyat
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
7.2 Menemu-kan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll Daftar susunan acara • Membaca jadwal siaran lelevisi
• Menjawab pertanyaan
• Menjelas-kan jadwal dalam bentuk kalimat • Mempergakan percakapan secara kelompok atau perorangan
• Siswa dapat menjawab peratanyan
• Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Jelaskan-lah jadwal dalam bentuk kalimat! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Buku Telepon
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
7.3 Menyim-pulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat Cerita anak • Membaca cerita
• Menjawab pertanyaan
• Menuliskan kesimpulan isi cerita • Siswa dapat mendengarkan cerita dgn baik.
• Bertanya jawab tentang cerita
• Siswa dapat menuliskan kesimpulan Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Tuliskan kesimpulan isi cerita! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Kumpulan Buku cerita Rakyat
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

Mengetahui,
Kepala Sekolah ……………….

………………………………………..
NIP / NIK : ………………….., …………… 20…..
Guru Bahasa Indonesia

………………………………………..
NIP / NIK :

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : ……………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
8. Menulis
Mengungkap-kan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas 8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan Ringkasan

• Memahami langkah-langkah dalam kegiatar meringkas
• Membaca saksama bacaan yang akan diringkas
• Meringkas bacaan atau buku • Menulis pokok-pokok isi buku
• Menulis ringkasan buku dalam beberapa
• kalimat

Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Buatlah ringkasan bacaan atau buku! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Kumpulan Buku cerita Rakyat
8.2 Menulis laporan pengama-tan / kunjungan berdasar tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan pengguna-an ejaan Laporan pengamatan • Menyusun laporan peristiwa
• Menyampaikan laporan secara lisan
• Memperbaiki tulisan laporan • Siswa dapat menyusun laporan peristiwa
• Siswa dapat menyampaikan laporan
• secara lisan
• Siswa dapat memperbaiki laporan Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Susunlah sebuah laporan peristiwa! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Kumpulan Buku cerita Rakyat
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat Puisi • Membaca contoh puisi
• Menulis puisi • Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman
• Menulis puisi berdasarkan ungkapan perasaan dari pengalaman anak
• Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan yang tepat Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Buatlah puisi berdasar-kan ungkapan perasaan dari pengala-man anak! 1 x pertemuan
2 x 35 menit • Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
• Puisi
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

Mengetahui,
Kepala Sekolah ……………….

………………………………………..
NIP / NIK : ………………….., …………… 20…..
Guru Bahasa Indonesia

………………………………………..
NIP / NIK :

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : ……………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
1. Mendeng-arkan
Memahami teks dan cerita anak yang dibaca 1.1 Menulis hal-hal penting / pokok dari suatu teks yang dibacakan
• Teks Bacaan
• Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks
• Siswa dapat melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks
• Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
• Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan berdasar-kan hal-hal penting/ pokok
• Mendengarkan pembacaan teks
• Melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks
• Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
• Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok
Lisan
Tertulis
Penugasan Lembar penilaian
Produk • Lengkapi-lah pernyataan yang sesuai dengan teks!
• Ringkaslah teks yang didengar-kan berdasar-kan hal-hal penting / pokok! 1 X pertemuan
2 X 35 menit Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 18 Penerbit Erlangga
1.2 Mengiden-tifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibaca
• Cerita anak • Siswa dapat mendengarkan cerita anak
• Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar
• Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
• Siswa dapat menentukan latar cerita
• Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar • Mendengarkan cerita anak
• Menjawab pertanyaan sesua dengan cerita yang didengar
• Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
• Menentukan latar cerita
• Menceritakan kembali cerita yang didengar
Lisan
Tertulis
Penugasan Uraian • Jawablah pertanyaan sesuai dengan cerita yang didengar!
1 X pertemuan
2 X 35 menit Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2 Penerbit Erlangga
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

Mengetahui,
Kepala Sekolah ……………….

………………………………………..
NIP / NIK : ………………….., …………… 20…..
Guru Bahasa Indonesia

………………………………………..
NIP / NIK :

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : ……………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
2. Berbicara
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan 2.1 Menyam-paikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan benar
• Teks iklan • Siswa dapat memahami berbagai jenis iklan
• Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
• Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
• Siswa dapat memahami berbagai jenis iklan
• Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
• Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
Lisan
Tertulis
Penugasan Lembar penilaian
Produk • Carilah iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya! 1 X pertemuan
2 X 35 menit Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 2-4 Penerbit Erlangga
2.2 Menang-gapi ( memuji / mengkritik) suatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun
• Kalimat Pujian • Siswa dapat memperagakan perca-kapan bersama teman
• Siswa dapat membuat kalimat pujian
• Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
• Siswa dapat memperagakan percakapan yang telah dibuat
• Memperagakan percakapan bersama teman
• Membuat kalimat pujian
• Membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
• Memperagakan percakapan yang telah dibuat
Lisan
Tertulis
Penugasan Lembar penilaian
Produk • Buatlah beberapa kalimat pujian !
1 X pertemuan
2 X 35 menit Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.33-35 Penerbit Erlangga
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

Mengetahui,
Kepala Sekolah ……………….

………………………………………..
NIP / NIK : ………………….., …………… 20…..
Guru Bahasa Indonesia

………………………………………..
NIP / NIK :

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : ……………………………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Pencapaian Kompetensi Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
3. Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas 3.1 Mendes-krifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengama-tan / kunjungan • Teks Laporan pengamatan • Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
• Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
• Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
• Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas
• Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
• Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
• Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
• Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas
Lisan
Tertulis
Penugasan Lembar penilaian
Produk • Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan pengama-tan !
1 X pertemuan
2 X 35 menit Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.48-49 Penerbit Erlangga
3.2 Menang-gapi informasi dari kolom / rubrik khusu (majalah anak, koran, dan lain-lain) • Teks Bacaan • Siswa membaca intensif teks bacaan
• Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
• Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
• Siswa menanggapi isi bacaan
• Membaca intensif teks bacaan
• Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
• Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
• Menanggapi isi bacaan

Lisan
Tertulis
Penugasan Lembar penilaian
Produk • Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan !
• Buatlah catatan informasi- informasi penting dari bacaan! 1 X pertemuan
2 X 35 menit Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.4-7 Penerbit Erlangga
 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

Mengetahui,
Kepala Sekolah ……………….

………………………………………..
NIP / NIK : ………………….., …………… 20…..
Guru Bahasa Indonesia

………………………………………..
NIP / NIK :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s