RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

A. Standar Kompetensi
8. Menulis
 Mengungkapkan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.

B. Kompetensi Dasar
 8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan

C. Tujuan Pembelajaran**
 Siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan

 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D. Materi Ajar
 Buku pengetahuan dan cerita.

E. Metode Pembelajaran
 ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan

F. Langkah-langkah Pembelajaran
 Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan saiah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
– Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai buku pengetahuan dan cerita-cerita anak.
– Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
 Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Siswa menulis pokok-pokok isi buku melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
 Siswa menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat melalui kegiatan lagihan dan penugasan.
 Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
 Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
 Siswa diberi tugas untuk menuliskan pokok-pokok isi buku lain dan meringkasnya ke dalam beberapa kalimat

G. Alat/Bahan/Sumber Belajar
 Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , serta Standar Isi 2006.
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Memahami langkah-langkah dalam kegiatar meringkas
• Membaca saksama bacaan yang akan diringkas
• Meringkas bacaan atau buku Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Tulislah pokok-pokok dari isi buku !
• Tulislah ringkasan buku dalam beberapa kalimat!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN
 PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1

 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.

2.

3. Pengetahuan

Praktek

Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
21

4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.

……………………………. …………………………….
NIP : NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

A. Standar Kompetensi
8. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.

B. Kompetensi Dasar
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

C. Tujuan Pembelajaran**
 Siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D. Materi Ajar
 Sistematika penyusunan laporan.

E. Metode Pembelajaran
 ceramah, tanya jawab, latihan, penugasan

F. Langkah-langkan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa berdo’a dan selanjutnya guru rnengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta’dilanjutkah dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
– Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan rancangan laporan.
– Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
 Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
 Siswa memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik melalui kegiatan tanya jawab, diskusi dan penugasan.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
 Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Siswa dan guru rnengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
 Siswa diberi tugas untuk mengumpulkan hasil laporan.

G. Alat/Bahan/Sumber Belajar
 Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , dan Standar Isi 2006.

H. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Menyusun laporan peristiwa
• Menyampaikan laporan secara lisan
• Memperbaiki tulisan laporan Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Tulislah laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) !
• Coba perbaiki tuiisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik

FORMAT KRITERIA PENILAIAN
 PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.

2.

3. Pengetahuan

Praktek

Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.

……………………………. …………………………….
NIP : NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 10
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

A. Standar Kompetensi
8. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.

B. Kompetensi Dasar
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.

C. Tujuan Pembelajaran**
 Siswa dapat menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat

 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D. Materi Ajar
 Puisi.

E. Metode Pembelajaran
 ceramah, latihan, penugasan

F. Langkah-langkah Pembelajaran :
 Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
– Siswa berdo’a dan seianjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkarf dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
– Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan catatan untuk menulis puisi.
– Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran
 Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Siswa dapat menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman melalui kegiatan ceramah dan latihan
 Siswa menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat melalui kegiatan latihan dan penugasan.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
 Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
 Siswa diberi tugas untuk menulis puisi bebas dengan tema yang lain sebagal pengayaan.

G. Alat/Bahan/Sumber Belajar
 Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Naskah puisi,dan Standar Is; 2006.

H. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Membaca contoh puisi
• Menulis puisi Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Tentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman !
• Tulislah puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat

FORMAT KRITERIA PENILAIAN
 PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1

 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.

2.

3. Pengetahuan

Praktek

Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.

……………………………. …………………………….
NIP : NIP :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s