Cerita Rakyat Jepara

Dewi Wiji

Dewi wiji memilih melarikan diri dari padepokan setelah ayahnya Ki Gedhe Bangsri dibunuh oleh Suronggohto. Mengapa Ki Gedhe Bangsri dibunuh oleh Suronggotho ? karena Ki Gedhe Bangsri menolak permintaan Suronggotho yang hendak mempersunting putrinya yang bernama Dewi Wiji. Alasannya karena watak Suronggotho yang jahat, suka mencuri, dan melakukan hal-hal buruk yang lain. Dewi wiji tidak terima terhadap perlakuan Suronggotho yang telah membunuh ayahnya.

Dewi wiji yang wajahnya cantik jelita berlari terus ke arah timur. Ia melewati hutan belantara, sungai yang airnya deras demi menjaga martabatnya. Suronggotho mengikuti arah lari Dewi Wiji dengan maksud agar dapat menangkap Dewi Wiji dan menikahinya.

Dalam perjalanan Dewi Wiji diselamatkan oleh seseorang penjual kembang yang baik budi. Ia menyuruh Dewi Wiji mengubah wajahnya yang cantik dengan berdandan mirip nenek tua renta. Penyamaran Dewi Wiji berhasil, karena saat Suronggotho datang tidak dapat mengenali Dewi Wiji dan menuruskan perjalanannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s