RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

A. Standar Kompetensi
6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama

B. Kompetensi Dasar
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan piiihan kata dan santun berbahasa.

C. Tujuan Pembelajaran**
 Siswa dapat mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang logis.

 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D. Materi Ajar
 Persoalan faktual

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah, diskusi, latihan, penugasan

F. Langkah-langkah Pembelajaran
 Kegiatsn Awal
Apersepsi dan Motivasi :
 Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secafa bersama-sama.
 Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membentuk kelompok diskusi yang terdiri atas 4-6 siswa per kelompoknya.
 Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai Materi pembelajaran.
 Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Siswa mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab.
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Siswa menanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik melalui kegiatan ceramah dan tanya jawab.
 Siswa memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan teman melalui ceramah dan tanya jawab.
 Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi dan latihan.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
 Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar
 Siswa mengumpulkan dan menyerahkan hasil diskusi berdasarkan kelompoknya masing-masing.

G. Alat/Bahan/Sumber Belajar
 Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum dan Standar Isi 2006

H. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Siswa dapat mencermati persoala atau masalah yang diajukan
• Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Coba identifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman !
• Tanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik !
• Coba berikan pendapat san saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan factual yang dikemukakan teman!
• Berilah kesimpulan dari pokok-pokok yang dikemukakan teman !

FORMAT KRITERIA PENILAIAN
 PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1

 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.

2.

3. Pengetahuan

Praktek

Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.

CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.

……………………………. …………………………….
NIP : NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

A. Standar Kompetensi
6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama

B. Kompetensi Dasar
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang tepat.

C. Tujuan Pembelajaran**
 Siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal dan intonasi yang tepat.

 Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D. Materi Ajar
 Drama pendek

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah, latihan, demontrasi

F. Langkah-langkah Pembelajaran
 Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
- Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apSrsepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
- Untuk membangkitkan motivasi beiajar, siswa membaca teks drama pendek.
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
 Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan demontrasi.
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Siswa memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter tokoh melaiui kegiatan ceramah, iatihan, dan demontrasi.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
 Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil beiajar.
 Siswa diberi tugas untuk berlatih kembali memerankan drama yang lain.

G. Alat/Bahan/Sumber Beiajar
 Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Naskah drama, dan Standar Isi 2006

H. Penilaian
Indikator Pencapaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
• Memeran-kan tokoh drama
• Mengung-kapkan pendapat tentang drama Tes Lisan dan tertulis Lembar penilaian
Produk • Bacalah dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
• Perankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai : karakter tokoh!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN
 PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1

 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.

2.

3. Pengetahuan

Praktek

Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.

……………………………. …………………………….
NIP : NIP :

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s